"Jemput Bola" Program Dokmaru,Salah Satu Visi Misi Bupati Indramayu.

"Jemput Bola" Program Dokmaru,Salah Satu Visi Misi Bupati Indramayu.


INDRAMAYU -Fenomena
Salah satu Program Dokter Masuk Rumah (Dokmaru) adalah layanan kesehatan cepat yang dilahirkan di era pemerintahan Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina, dan Wakil Bupati Indramayu, Lucky Hakim.

Respon cepat pelayanan kesehatan bagi masyarakat indramayu, merupakan reflekdi satu tahun pemerintahan Bupati Indramayu.

Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina, S.H M.H C.R.A mengatakan program dokmaru merupakan salah satu upaya Pemkab Indramayu untuk "jemput bola" pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

"Kita jemput bola untuk pelayanan masyarakat. Kita bantu, dan permudah untuk mendapatkan layanan kesehatan yang lebih maksimal."

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, dr. H Wawan Ridwan mengatakan, dalam implementasinya, Dokmaru menjadi Public Safety Centre (PSC) 119 yang ada di Dinas Kesehatan Indramayu. 

PSC 119 adalah call centre untuk layanan cepat tanggap darurat kesehatan. Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Indramayu saling terkoneksi dengan adanya call centre tersebut. 

Khusus bagi masyarakat yang dalam keadaan darurat bisa langsung menghubungi Call Center 119  atau 081119119444 yang ada di Dinas Kesehatan. Setelah itu, operator akan menghubungi Puskesmas terdekat yang kemudian pihak Puskesmas segera mengirimkan tim medis dan ambulance ke rumah atau lokasi orang yang melakukan panggilan darurat tersebut.

"Jika berdasarkan hasil pemeriksaan dokter di rumah pasien harus dirujuk ke rumah sakit, maka ambulance akan segera mengantarkannya. Dokmaru hadir untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan yang sangat membutuhkan."

Dalam kurun waktu satu tahun pada Januari hingga desember 2021, ada 925 panggilan dokmaru melalui PSC 119.

"Ini mengindikasikan masyarakat sudah mengetahui adanya program dokmaru dan kami siap melayani layanan cepat kesehatan dengan baik," kata dia.

Salah satu warga  Desa Situraja Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu Toha misalnya, sangat terbantu oleh akses cepat dokmaru. Ia merupakan warga yang menderita perut membesar. 

Melalui hotline Dokmaru, tim kesehatan dari puskesmas gantar langsung memberikan tindakan cepat rujukan ke rumah sakit untuk penanganan medis lebih lanjut.

"Respon dokmaru sangat cepat, warga kami  yang sakit bisa langsung dilayani," kata Ahmad, warga desa situraja. ( Nur 17 )